Policy Brief Peningkatan Kesehatan Reproduksi Perempuan Terintegrasi (PEKERTi)

Oleh Yayasan IPAS Indonesia

Tiga penyebab tertinggi kematian ibu (AKI) di Indonesia; perdarahan (saat hamil, saat melahirkan, dan masa post-partum), eklamsia, dan infeksi merupakan penyebab kematian yang dapat dicegah. Salah satu faktor yang meningkatkan resiko penyebab kematian ibu tersebut adalah akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas, termasuk akses terhadap layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang komprehensif. Simak lebih jauh ringkasan proyek PEKERTi, sebuah program untuk mengurangi AKI di Indonesia.

UNDUH PDF

Kategori

Tag

Dapatkan
Nawala Kami

Berikan Komentar

2 Comments

  1. AFFAH MUSTAFA 30 Juni 2022 at 6:27 AM - Reply

    Assalamu alaikum wr wb, perkenalkan nama saya MUSYORRAFA MUSTAFA mahasiswa magister terapan kebidanan di Poltekkes Kemenkes Semarang yang saat ini sedang menempuh proses pembuatan proposal penelitian terkait asuhan pasca keguguran berbasis teknologi. Dengan adanya PEKERTI ini membuat wawasan saya sebagai mahasiswa menjadi semakin terbuka akan pentingnya asuhan pasca keguguran pada ibu karena selama ini yang saya alami di fasilitas kesehatan tempat saya bekerja bahwa pelayanan asuhan pasca keguguran sangat jarang dilakukan secara komprehensif, petugas melayani hanya berdasarkan keluhan semata dan belum mampu memberikan pelayanan secara komprehensif. Secara umum nakes hanya menyelesaikan hal-hal yang dianggap sebagai ancaman bagi ibu seperti tindakan medis keguguran, transfusi dan anjuran pemakaian alat kontrasepsi tanpa melakukan konseling secara mendalam terkait psikologis dan adanya dukungan psikososial yang mampu memberikan penghargaan terhadap keputusan perempuan sehingga mampu meningkatkan derajat kesehatannya serta mencegah terjadinya kematian.
    Oleh karena latar belakang informasi diatas maka saya berencana melakukan penelitian terkait teknologi yakni pembuatan aplikasi APK fokus kepada pelayanan konseling terkait abortus tanpa memandang latar belakang sosialekonomi serta untuk membantu tenaga kesehatan dalam memberikan informasi terkait asuhan pasca keguguran sehingga mampu meningkatkan derajat kesehatan perempuan di Indonesia umumnya dan Provinsi Sulawesi Barat pada khususnya.
    Mohon doa dan dukungannya semoga saya diberikan kelancaran dan kesehatan selama melakukan penelitian ini. Terima Kasih

    • WebAdmin 30 Juni 2022 at 3:54 PM - Reply

      Waalaikumsalam Affah,

      Terima kasih atas komentar dan apresiasinya. Untuk menindaklanjuti rencana penelitian, kami akan mendiskusikan dengan dan tim dan akan kami hubungi melalui email.

      Salam.

Leave A Comment